Selasa, 14 September 2021

Penyebab TV Polytron Gambar Melebar Hingga Logo Stasiun TV Tidak Terlihat

Suatu saat ketika ada panggilan servis televisi saya mendapat sebuah pesawat televisi merk polytron dengan gejala mati total tanpa lampu standby hanya sedikit bunyi denging aja, saya pun langsung curiga pada bagian horizontal ada yang short, singkat cerita saya bongkar dan mengukur tegangan b+ dan ternyata memang drop sekitar 60V kemudian saya coba melepas resistor b+ menuju flyback dan mengukur kembali jalur b+ dan ternyata setelah saya lepas beban b+ tegangan b+ kembali normal artinya memang ada masalah pada bagian horizontal.


Saya ukur kapasitor resonan dan kapasitor untuk H-pulse ternyata semuanya baik baik saja ketika saya ukur transistor horizontal kelihatannya memang masih baik namun ternyata sudah sedikit bocor sehingga mengganggu kinerja horizontal, maka dari itu saya coba ganti dulu dan saya coba hidupkan ternyata setelah penggantian transistor horizontal tegangan b+ menjadi normal dan tv pun hidup saya cek raster menyala namun sayangnya tampilannya menjadi sangat lebar hingga logo stasiun televisi pun didak terlihat saking melebarnya ukuran tampilan raster televisi tersebut.


Saya sudah menduga masalah tersebut akibat kapasitor jalur horizontal ada yang kapasitasnya menurun, coba saya cek datasheet skema tv nya kemudian saya coba lepas salah satu kapasitor jalur horizontal tersebut dan ternyata kapasitas nya memang sudah menurun drastis dari tulisan yang tertera di body nya, saya kemudian mengganti nya dan akhirnya gambar televisi puh tampil sempurna.


Kerusakan kapasitor horizontal
Kerusakan kapasitor horizontal 

Untuk mempermudah dalam pekerjaan reparasi Televisi tentunya kita membutuhkan skemanya, jika kamu belum mempunyai skema TV Polytron silakan download pada halaman ini


EmoticonEmoticon