Senin, 31 Oktober 2022

Cara Mengatasi TV Polytron B+ Drop Sekitar 70V

 Kali ini dapat service panggilan TV Polytron dengan gejala mati total namun lampu indikator standby masih menyala Ketika saya coba menekan tombol channel plus atau negatif Dia sebentar hidup lalu kembali standby tanpa tampil apapun di layar televisi. Meskipun saya dengan sangat yakin bahwa kerusakan tersebut umumnya terjadi pada bagian vertikal namun lebih jelasnya kita buka dulu televisinya dan kita coba ukur tegangan-tegangan yang keluar untuk masing-masing fungsinya, yang sangat penting yang pertama yang diukur adalah tegangan untuk b+ dan ternyata memang benar saja tegangan b+ terukur drop. Untuk memastikan kerusakan saya coba putuskan dulu untuk tegangan b+ dengan cara melepas kaki resistor b+ kemudian setelah resistor tersebut dilepas dan tegangan b+ diukur ternyata tegangannya normal, berarti langkah selanjutnya adalah memeriksa transistor horizontal Siapa tahu terjadi short Namun ternyata transistor masih baik. Kemudian selanjutnya memeriksa bagian yang berhubungan dengan bagian horizontal berupa kapasitor resonan dan benar saja pada kakinya Terlihat agak gosong dan longgar itulah penyebabnya setelah saya coba ganti dan saya coba hidupkan dengan masih mengukur tegangan b+ hasilnya ternyata masih tetap drop sekitar 70 volt. Wah sudah mulai pusing nih ternyata!


Kapasitor resonan tv Polytron
Kapasitor resonan tv Polytron 

Kini saya beranggapan bahwa kemungkinan flyback sudah sedikit short Untuk itu saya coba sambil menghidupkan televisi ini sambil mengukur keluaran tegangan vertikal 12 volt dan ternyata saat dihidupkan tidak ada tegangan sedikitpun begitupun Ketika saya coba ukur untuk tegangan video 180 volt juga tidak menunjukkan adanya kenaikan tegangan. Wah semakin yakin vonis saya kepada flyback namun sebelum itu saya coba cek dulu untuk driver horizontal pertama untuk tegangannya yang 50 volt saya akan ukur dulu sambil menghidupkannya dan ternyata terukur drop ya sekitar 20 volt harusnya sekitar 30 sampai 50 volt. Namun ternyata setelah dilakukan pengukuran dan saya berpikir ulang bahwa Wajar saja untuk tegangan driver horizontal drop karena B plus-nya juga kan drop. Jadi ke samping kan dulu hal tersebut oke.


Saya fokus dulu untuk tegangan keluaran untuk tegangan negatif vertikal dari flyback yang terukur 0 volt saat dihidupkan ini menurut saya agak janggal, karena saat saya coba ukur untuk tegangan positif vertikal masih terjadi kenaikan tegangan saat dihidupkan artinya ada masalah pada bagian tegangan negatif vertikal. Untuk memastikan itu saya coba cabut dioda tegangan negatif vertikal lalu saya hidupkan televisi dan saya ukur tegangan b+ hasilnya menunjukkan bahwa tegangan B plus sekarang normal artinya Memang benar bahwa tegangan negatif vertikal ada masalah, pertama saya coba Lepas dulu IC vertikal dan saya ukur B plus masih tetap drop itu berarti IC vertikal vertikal bukan penyebabnya. kemudian saya coba lepas Elco power supply kemudian saya ukur kembali tegangannya dan sekarang tegangan B plus normal. 

Berarti sekarang jalur negatif power supply vertikal tidak mempunyai beban kemana-mana tapi membuat tegangan b+ drop meski hanya terpasang Elco itu artinya bahwa dioda power supply negatif bermasalah, untuk memastikan saya coba ukur menggunakan transistor tester dan hasilnya memang benar saja dioda ini short.


Dioda power supply negatif vertikal short
Dioda power supply negatif vertikal short 

Setelah dilakukan pergantian 

Kemudian saya cari penggantinya dengan kode yang sama Setelah dipasang saya hidupkan dan saya coba ukur kembali tegangan B plus dan hasilnya sekarang normal kemudian saya coba Ukur tegangan negatif vertikal dan terukur sekitar -13V itu artinya sekarang tegangan negatif vertikal sudah normal dan ketika saya ukur tegangan yang lainnya kini terukur normal juga dan ketika saya lihat di layar sudah terlihat normal juga, itu artinya penyakit yang menyebabkan tegangan B Plus drop sudah ditemukan yaitu dioda tegangan negatif vertikal mengalami short saat kaki kapasitor resonan mengalami masalah yaitu longgar kemudian menyebabkan tegangan negatif vertikal mungkin melonjak sesaat dan terjadilah dioda short.

Itulah pengalaman saya saat memperbaiki televisi Polytron yang tegangan B plusnya drop sekitar 70 volt.

1 Comments so far

You provide something genuinely. I think its most helpful for us. Thanks and Greetings from my univ walisongo.ac.id


EmoticonEmoticon