Jumat, 15 April 2022

Memperbaiki TV China Gambar Gelap OSD Normal

 Hari ini setelah menyelesaikan beberapa servis panggilan seperti memperbaiki tv yang rusak tombolnya dan mencari signal parabola hari itu juga saya menuju tempat yang ketiga yaitu memperbaiki televisi yang kata pemiliknya gambarnya seperti berkabut tidak jelas setelah saya lihat televisi dengan merek Akari namun ternyata  sudah diganti dengan mesin tv china ini memang gambarnya buram disertai garis blanking, wah ini kegedean screen nya setelah saya coba tekan tombol menu untuk melihat tampilan menunya ternyata OSD nya terang normal. 


Langsung saya buka saja televisi ini karena kemungkinan penyakit televisi seperti ini adalah pada bagian ABLnya, oh iya menurut informasi pemiliknya televisi ini pernah diservis karena ada suara pletak-pletek nya katanya ya mungkin itu karena kop flyback yang bocor dan benar saja terbukti dengan adanya lem silikon yang mengelilingi pinggiran kop flyback, mungkin oleh teknisi sebelumnya mencoba mengatur lebar layar dengan mencoba setiap pin yang tersedia untuk defleksi horizontal dan saya coba memang salah satunya ada pin yang berakibat naiknya tegangan kop anoda yang sangat tinggi. Nah kemungkinan itu sebabnya yang mengakibatkan resistor pada jalur ABL terlihat gosong. 

 

Resistor jalur ABL

Setelah saya cek ketiga resistor tersebut, resistor R581 terukur putus dan langsung saja saya ganti setelah itu saya coba hidupkan televisi akhirnya sekarang tampilan gambar pada televisi terlihat terang normal tidak seperti sebelumnya. 


EmoticonEmoticon