Kamis, 03 Februari 2022

Cara Memperbaiki TV Polytron Layar Gelap Meskipun Mesin Hidup Normal

 Saat mendapatkan servis panggilan alias call job memperbaiki jaringan receiver parabola saat selesai mau pulang disuruh memperbaiki tv polytron yang katanya bekas pemakaian main playstation serta disuruh dibawa pulang untuk dikerjakan dirumah katanya biar santai. Sebelum saya bawa pulang tidak lupa saya coba dulu untuk saya perkirakan kerusakannya, televisi saya hidupkan dan diamati ternyata memang layar gelap meskipun ditunggu beberapa saat, untuk memastikan saya dengarkan suara didalam televisi tersebut dan ternyata ada suara bergetar bagian vertikal yang menandakan mesin bekerja karena apabila bagian vertikal bekerja sudah pasti bagian horizontal pun bekerja karena semua tegangan vertikal diambil dari trafo flyback dan sistem protek pada tv polytron berasal dari bagian vertikal, jika vertikal bermasalah televisi akan protek.


Sesampainya dirumah televisi pun saya buka dan setelah terbuka saya coba nyalakan terlihat sebuah kapasitor gosong dan keluar asap, dalam hati wah betapa mudahnya ternyata kapasitor H- Pulse rusak yang menyebabkan tv layar gelap, segera setelah itu saya ganti kapasitor H-pulse tersebut dan televisi saya hidupkan kembali, apa yang terjadi? Ternyata televisi pun masih seperti semula, semua tegangan normal, mesin bekerja tapi layar masih gelap.


Kapasitor ABL atau H-pulse
Kapasitor ABL atau H-pulse

 Saya coba naikan vr screen ternyata tampilan blanking tanpa OSD, kemungkinan masih bermasalah pada jalur H-pulse atau ABL tadi, ambil skema dan urut jalur nya, tes masing-masing komponen pada jalur tersebut hingga didapatkan resistor R725 nilainya tak terhingga alias sudah putus, resistor tersebut berjenis SMD pada mesin tv tersebut, sangat kecil butuh ketelitian untuk menemukannya, karena nilainya sudah diketahui 103 pada badan SMD, saya ganti dengan resistor biasa 10K. 


Resistor penyebab gambar gelap
Resistor penyebab gambar gelap

Setelah pergantian kapasitor H-pulse dan Resistor R725 saya coba hidupkan televisi nya dan akhirnya layar televisi pun menampilkan tulisan POLYTRON berwarna putih dengan latar biru artinya kini televisi pun hidup normal kembali.


Untuk mempermudah dalam pekerjaan reparasi Televisi tentunya kita membutuhkan skemanya, jika kamu belum mempunyai skema TV Polytron silakan download pada halaman ini


Semoga bermanfaat! 


EmoticonEmoticon