Kamis, 10 November 2022

Cara Mengatasi TV Sharp Protek atau Gagal Start

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...


 Pada kesempatan kali ini saya mendapat panggilan untuk perbaikan parabola namun ketika sampai di rumah user ternyata disuguhkan dulu dengan TV Sharp yang juga harus diperbaiki dengan kondisi saat dihidupkan lampu indikator sebentar hijau lalu merah kembali dicoba beberapa kali pun hasilnya tetap sama kembali stand by atau protect dan anehnya ketika ditekan tombol channel untuk mengaktifkan protect namun ini tidak ada reaksi apapun. 


Oke Langsung saja saya buka tv-nya kemudian saya ukur B plus sambil melihat indikator namun betapa kagetnya ketika didapat bahwa tegangan B plus terukur sampai dengan 170 volt tentu ini tidak normal atau over kemudian saya ukur di kaki kolektor transistor horizontal Namun ternyata masih terukur sekitar 170 volt ini menandakan bahwa rangkaian horizontal belum memberikan pulsanya, Untuk itu saya coba dulu angkat transistor horizontal kemudian saya memasang sebuah LED indikator pada output trafo driver horizontal yang terhubung ke basis transistor horizontal, ini bertujuan untuk memastikan bahwa output sinyal horizontal ada atau tidaknya pada basis transistor horizontal, Oke Saatnya untuk mencoba dengan cara menghidupkan mesin televisi ini Namun ternyata lagi-lagi hasilnya tidak menyala pada indikator yang saya pasang tadi meskipun saat indikator sinyal hijau menyala sesaat. 


Saya buka datasheetnya atau skemanya untuk melihat jalur-jalur yang akan diperiksa, setelah mendapatkan skemanya saya coba ukur tegangan utama 16v yang terhubung dengan optocopler dan ternyata hasilnya menunjukkan tegangan hanya sekitar 8 volt jelas ini drop yang mengakibatkan tegangan umpan balik optocopler juga drop alhasil untuk tegangan B plus malah over seperti tadi.


Jalur Tegangan Utama TV Sharp
Jalur Tegangan Utama TV Sharp 

DOWNLOAD Skema TV Sharp Sharp 14A-25MS STRW6753-IXB226M61260

Nah untuk permasalahan tegangan drop ini untuk pertama saya fokus dengan elco pada jalur tegangan tersebut yang bernilai 2200u dan setelah saya ukur ternyata kapasitas nya sudah menurun hanya sekitar 1600u-an. 


Elko tv sharp yang menurun kapasitasnya
Elko tv sharp yang menurun kapasitasnya

Elko pengganti
Elko pengganti 

Setelah saya mengganti elko tersebut kemudian saya hidupkan dan saya ukur tegangannya terukur sekitar 16 volt dan ini sudah menunjukkan bahwa tegangan tersebut berada pada posisi normalnya, kini LED indikator yang saya pasang pada output trafo driver horizontal menyala yang menandakan bahwa kini sudah normal dan sudah bisa dipasang transistor horizontal, kemudian saya pasang transistor horizontal tersebut dan saya coba hidupkan televisinya sambil memantau tegangannya dan hasilnya ini televisi ini sekarang sudah hidup normal kembali.


TV Sharp sudah normal
TV Sharp sudah normal

Jadi itulah penyebab utama dari televisi Sharp dengan kondisi gagal start atau protek namun tidak bisa diaktifkan meski tombol channel ditekan. 


Baca juga : Cara Mengatasi TV Sharp Slim Susah Start 


EmoticonEmoticon