Rabu, 11 Januari 2023

Cara Memperbaiki layar TV Vertikal tidak Penuh, Bergelombang dan Melipat ditengah

 Sore-sore saya kedatangan pasien TV dengan membawa transistor horizontal katanya ini transistor horizontal rusak dan tidak ada gantinya kata tuser sebelumnya, kemudian saya coba cek dulu transistor horizontal nya dan hasilnya transistor tersebut masih baik karena saat itu sudah sore jadi Saya memutuskan untuk memperbaiki televisi tersebut pada keesokan harinya.


 Kemudian pada Pagi harinya saya coba cek ke rumah pemilik TV tersebut ternyata tv-nya ukuran 29 inci dengan merk Sharp namun mesinnya sudah diganti dengan mesin TV Cina dan Ketika dilihat ternyata memang transistor horizontal nya sudah dilepas. pengecekan pertama yang saya lakukan yaitu mengecek terlebih dahulu tegangan-tegangannya terutama tegangan B plus, saat dihidupkan tegangan B + ternyata terukur normal yaitu sekitar 111 volt juga terdengar suara Getaran vertikal dari Yoke yang artinya bagian vertikal dan regulator masih bagus.


Nah Saat ini fokus perbaikan pada bagian horizontal Siapa tahu ada komponen yang rusak yang apabila dipasang transistor horizontal hasilnya rusak kembali, untuk itu saya periksa terlebih dahulu kapasitor- kapasitor resonan yang apabila kapasitor tersebut rusak maka akan mengakibatkan transistor horizontal rusak ketika dipasang kembali namun telah dilakukan pengukuran untuk kapasitor resonan bernilai 10 Nano masih baik begitu pula dengan kapasitor yang bernilai 8 Nano masih baik juga selanjutnya saya periksa untuk dioda damper ini juga bisa berpengaruh untuk keawetan transistor horizontal namun setelah dilakukan pengecekan kedua dioda damper tersebut ternyata masih bagus juga.


Pengecekan komponen di sekitar horizontal tidak ditemukan adanya kerusakan maka saya putuskan untuk langsung memasang transistor horizontal, setelah transistor horizontal terpasang sambil mengukur tegangan b+ saya colokan secara cepat dan melihat nilai tegangannya dan hasilnya dengan menunjukkan nilai 110V yang artinya pada bagian horizontal tidak terdapat sesuatu yang mencurigakan Akhirnya saya hidupkan televisinya dan Melihat bagian layar Namun ternyata tampilannya tidak penuh dan bergetar di tengah. saya Gambarkan saja secara tulisan semoga memahaminya. Jadi tampilan di layar untuk bagian tengahnya melipat untuk bagian ke atas dan ke bawahnya bergelombang dan tidak penuh.


Cacat vertikal
Cacat vertikal 

Nah Berarti masalahnya ada pada bagian vertikal namun secara umum kerusakan seperti itu terdapat pada Yoke. Sebelum saya mengeksekusi Yoke saya periksa dulu komponen-komponen di sekitar bagian vertikal Namun ternyata setelah saya ubek-ubek tidak ditemukan adanya kerusakan komponen-komponen di bagian vertikal. Lanjut saya eksekusi sanggul Yoke karena memang penyakit seperti ini yang sudah saya Sebutkan sebelumnya biasanya salah satu kawat lilitan vertikal putus untuk memastikannya saya lepas sambungan kawat vertikal dan mengeceknya dengan multitester benar saja setelah dilakukan pengecekan salah satu kawat untuk lilitan bagian bawah terukur putus. 


Kawat lilitan vertikal dilepas dan dicek
Kawat lilitan vertikal dilepas dan dicek

Tidak diragukan lagi saya langsung membongkar lilitan Yoke bagian vertikal dan beruntungnya memang untuk lilitan vertikal berada di bagian luar sehingga mudah untuk membongkarnya. 


Kawat lilitan vertikal bagian bawah putus
Kawat lilitan vertikal bagian bawah putus 

Ketika saya melepas cincin ferit tempat lilitan vertikal berada benar saja kawatnya ternyata sudah korosi dan putus, Saya tidak melakukan penyambungan kawat melainkan memudarnya satu lilitan kemudian langsung disambungkan kembali ke PIN tempat lilitan tersebut disolder dan setelah selesai semua pembongkaran lilitan vertikal saatnya saya coba hidupkan televisi dan melihat layarnya dan benar saja kini tampilan layar televisi sudah sudah penuh seperti dia kala.


TV sudah normal kembali
TV sudah normal kembali 

Nah itu dia pengalaman saya memperbaiki televisi yang layarnya tidak penuh atas bawah bergelombang dan melipat di tengah. Kini televisi pun bisa dinikmati seperti sedia kala





EmoticonEmoticon