Senin, 25 September 2023

Memperbaiki TV LCD Sharp indikator kedip-kedip

 Saya kedatangan pasien televisi LCD Sharp dengan gejala awal indikator hanya kedip-kedip merah setelah saya bongkar ternyata lampu backlight salah satunya ada yang putus kemudian setelah saya ganti ternyata gejala masih sama, kemudian selanjutnya saya coba masuk service mode dengan cara menekan dan menahan tombol power dan tombol input secara bersamaan kemudian steker dicolokkan ke listrik setelah LCD menyala gulir joystick ke atas ke bawah ke atas lalu tekan tombol input nah data service mode kini tampil dan di sana terlihat informasi lampu error sebanyak 5 setelah itu saya hapus data lampu error 5 itu kemudian simpan dan hasilnya ternyata setelah itu lampu backlight nyala hanya sebentar dicoba saya ulangi tetap seperti itu yaitu backlit hanya menyala sesaat. Kemudian selanjutnya saya menyesuaikan harus feedback untuk driver backlight dengan cara membuang salah satu resistor shunt, hingga akhirnya berhasil menyala dan dapat digunakan kembali. Untuk lebih jelasnya silakan tonton pada video ini mulai dari awal proses perbaikan hingga berhasil dapat digunakan kembali atau ditonton.




EmoticonEmoticon